cover
Contact Name
Aprilia Triaristina
Contact Email
aprilia@fkip.unila.ac.id
Phone
+6282175980724
Journal Mail Official
pesagi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung J FKIP Universitas Lampung, Jalan Prof. Soemantri Brodjonegoro No. 1 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 27458717     DOI : https://doi.org/10.23960/pesagi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Lampung. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) menerima manuskrip atau artikel dalam bidang pendidikan sejarah dan sejarah dari berbagai kalangan akademisi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)" : 5 Documents clear
PERSEPSI SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS MENGAJAR GURU SEJARAH DI SMA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU Sisca Devita Aprilia; Maskun Maskun; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.349 KB)

Abstract

The purpose of this research is to determine perceptions of students toward effectiveness of teachers’ teaching in history study at senior high school in Pringsewu Regency that is seen from the aspect of the implementation of learning. This research used descriptive qualitative method. The sample of this research consisted of 48 respondents. Data collecting techniques used questionnaire and percentages to analyze the data.The results showed: (1) 91,67% the effectiveness of teachers’ teaching in apperception factor is very good based on perceptions of students, (2) based on perceptions of students, history teacher has high level of teaching effectiveness and exploration factor, the percentage is 95,83%, (3) based on students’ perceptions 87,5% history teacher has high level of teaching  effectiveness in elaboration factor, (4) 89,5 % level of teachers’ teaching effectiveness in confirmation factor very good and effective.        Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap efektivitas mengajar guru bidang studi sejarah di SMA Negeri se-Kabupaten Pringsewu dilihat dari aspek pelaksanaan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 responden. Teknik pokok pengumpulan data menggunakan angket dan untuk menganalisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) 91,67% tingkat efektivitas mengajar guru pada faktor apersepsi tergolong sangat baik menurut persepsi siswa, (2) 95,83% menurut persepsi siswa guru sejarah memiliki tingkat efektivitas mengajar yang sangat baik dan sangat efektif pada faktor eksplorasi, (3) menurut persepsi siswa 87,5% guru sejarah memiliki tingkat efektivitas mengajar yang sangat baik pada faktor elaborasi, (4) 89,5% tingkat efektivitas mengajar guru sejarah pada faktor konfirmasi tergolong sangat baik dan sangat efektif. Kata kunci: efektivitas mengajar, guru sejarah, persepsi siswa
POLA PERTANIAN ORANG JAWA DI DESA MUARA AMAN KECAMATAN BUKIT KEMUNING Yudi Putra Ardiansyah; Ali Imron; Wakidi Wakidi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.371 KB)

Abstract

The objective of the research is to find out the way of adaptation done by Javanese people. The method used in this research is structural functional method. The data collecting technique used are interview, documentation, literature, while the technique analysis is qualitative research. The result of the research done by the writer is that the Javanese people way of adaptation in agriculture is direct communication such as greet each other if they meet. The social interaction between Javanese people and Semendonese people are they need and help each other or community self-help. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari usaha adaptasi yang dilakukan orang Jawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode struktural fungsional. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, dokumentasi dan kepustakaan, sedangkan teknik analisis datanya merupakan teknik analisis data kualitatif. Dari penelitian yang telah dilakukan penulis diperoleh hasil bahwa usaha adaptasi pola pertanian orang Jawa antara lain dengan melakukan komunikasi secara langsung berupa saling menyapa ketika bertemu. Interaksi sosial antara orang Jawa dan masyarakat Semendo berupa saling membutuhkan satu sama lain seperti dalam hal gotong royong dan usaha lainnya. Kata kunci : orang jawa, pertanian, pola
PENGARUH TERJADINYA TRAGEDI ANGKE TAHUN 1740 TERHADAP BIDANG SOSIAL-EKONOMI DI BATAVIA Ardhi Yudisthira; Tontowi Amsia; Syaiful M.
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.8 KB)

Abstract

The purpose of this research is to know the effect from Angke Tragedy in 1740, against social-economy sector in Batavia. This research method uses historical methods. The data collecting techniques used documentation and bibliography. The techniques of data analysis in this research is the technique of qualitative data analysis. The results of this research indicate that the effect from Angke’s Tragedy, have a detrimental effect to socio-economy sector in Batavia. The effects are, reduction of chinese citizens as an important social class  in Batavia, shortages food in Batavia, the reduced sugar export commodities in Batavia, and the decline in pacht (tax) revenue in Batavia because many Chinese people are killed and disappeared as a result of the tragedy.Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh dari terjadinya Tragedi Angke tahun 1740 terhadap bidang sosial-ekonomi di Batavia. Metode penelitian ini menggunakan metode historis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitan ini adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh dari terjadinya Tragedi Angke telah memberikan pengaruh buruk pada bidang sosial-ekonomi di Batavia. Pengaruh tersebut yaitu, berkurangnya masyarakat Tionghoa sebagai kelas sosial yang sangat penting di Batavia, terjadinya kekurangan pangan di Batavia, berkurangnya komoditas ekspor gula di Batavia dan terjadinya penurunan pemasukan pacht (pajak) di Batavia karena banyaknya warga Tionghoa yang terbunuh dan menghilang akibat tragedi tersebut.Kata kunci: batavia, pengaruh, sosial-ekonomi
UPAYA PENYELAMATAN KARESIDENAN LAMPUNG DARI AGRESI MILITER BELANDA Lian Pratama; Maskun Maskun; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.608 KB)

Abstract

Based on the formulation, so that this study aimed for rescue efforts Lampung Residency of military aggression II 1949 in politics and military. This study used the historical method with the literature’s and the documentation’s data collection techniques, while the data analysis is the qualitative data analysis. The result showed that the rescue efforts Residency Lampung by the public and goverrment Lampung, this is show in the field of political and military to make emergency rule on the move and guerrilla for the new dutch attack. In Lampung second military aggression (Clash II) new start Januari 1, 1949, Netherlands entrance to the bay Lampung through Kalianda towards the port Panjang. Berdasarkan uraian di atas, maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya penyelamatan Karesidenan Lampung dari Ageresi Militer Belanda II tahun 1949 dalam bidang politik dan militer. Metode yang digunakan adalah metode historis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kepustakaan dan teknik dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya upaya penyelamatan Karesidenan Lampung oleh masyarakat dan pemerintahan Lampung, ini ditunjukkan pada bidang politik dan militer yaitu dengan membuat pemerintahan darurat yang berpindah-pindah dan gerilya untuk menghadapi serangan Belanda. Di Lampung agresi  militer kedua (Clash II) baru dimulai tanggal 1 Januari 1949, Belanda masuk ke Teluk Lampung melalui Kalianda menuju Pelabuhan Panjang. Kata kunci: agresi militer II, belanda, karesidenan lampung
IRAK PASCA INVASI AMERIKA SERIKAT Diana Puspita; Iskandar Syah; Syaiful M
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.331 KB)

Abstract

Iraq After U.S. Invasion. Iraq after the U.S. Invasion of the country experienced a variety of changes in the social, economic, and political as a result of the U.S. war with Iraq. The identification of the problem of this research is How the social changes in Iraq because of the U.S. invasion. The purposes of this research to know the social changes in Iraq because of the U.S. invasion. The research used data collection techniques and technical. The methods of this research were historical method. The result of the research that has been discussed, social changes in post-invasion Iraq such as the conflict between Sunni and Syiah,  the moral decline of the people of Iraq. Conflicts between Syiah and Sunny groups and Kurdish, in which three groups trying to get the seats of power to Iraq after the fall of Saddam Hussein. Irak Pasca Invasi AS. Pasca invasi AS negara Irak mengalami berbagai macam perubahan, baik perubahan sosial, ekonomi, dan politik sebagai akibat dari perang antara AS dengan Irak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perubahan sosial di Irak akibat  invasi AS. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui perubahan sosial di Irak akibat invasi AS. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kepustakaan dan teknik dokumentasi yang terdapat dalam Perpustakaan Universitas Lampung dan Perpustakaan Daerah Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis. Dari hasil penelitian yang telah di bahas maka, perubahan sosial yang muncul di Irak pasca invasi diantaranya adalah adanya konflik antara Sunni dan Syiah, merosotnya moral rakyat Irak dan merajalelanya perkembangan terorisme di Irak pasca invasi Amerika Serikat di Irak. konflik antara kelompok Syiah dan Sunni serta Kurdi, yang mana ketiga kelompok tersebut berlomba untuk memperebutkan kursi kekuasaan di Irak. Setelah jatuhnya kekuasaan Saddam Hussein. Kata kunci: invasi irak, irak pasca invasi, konflik irak

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2013 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 1 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 2 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 1 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 8, No 2 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 7 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 6 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 5 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 4 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 3 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 2 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 5 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 4 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 3 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 2 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 1 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 9 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 7 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 6 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 4 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 3 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 1 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 3 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 2 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 6 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 5 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 3 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 2 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 1 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 6 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 5 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 3 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 2 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 1 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 5 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 3 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 2 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 1 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) More Issue